Minggu, 25 Desember 2016

Damai Itu Telah Datang

Dibawah ini adalah ringkasan dari kotbah Natal tahun ini, tidak ada tendensi untuk memperkeruh keadaan yang sudah keruh. Hanya saja ini terlalu indah untuk tidak dibagikan. Dibutuhkan kedamaian hati untuk membaca tulisan dibawah ini, dan kedinginan pikiran.
You've been warned. Kalo terjadi sesuatu setelah anda membaca tulisan ini, tarik napas aja, terus ke pinggir jalan, siapa tau ada telolet.

Tema natal pada tahun ini adalah "Damai Itu Telah Datang"
Berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Tahun ini situasi sosial politik di hari - hari menjelang natal cukup memanas, ada kekhawatiran, ada ketakutan, dan kita melihat situasi ini menjadi tantangan bagi kita.

Ada berbagai cara kita menghadapi tantangan tersebut, ada yang lalu sembunyi, berdiam diri, tetapi ada juga yang bisa kita pakai sebagai peluang. Pertanyaannya kira2 peluang apa yang bisa kita temukan?

Dalam ilmu tafsir yang baru ada istilah : Herminitis pasca colonialis, artinya kita menemukan, menafsirkan ulang sesuatu yang bukan dari pemaksaan dari luar. Tapi kita menemukan, menafsirkan sesuai dengan konteks yang sesuai dengan pergumulan, sesuai dengan situasi yang saat ini sedang kita hadapi.

Gereja perlu merenungkan ulang, apakah selama ini gereja saat ini hidup dalam dunia nya sendiri? Ataukah gereja hidup di tengah masyarakat?

Hal yang bisa menjadi peluang bagi kita saat ini adalah, situasi sekarang ini bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk merenungkan kembali, sebenarnya perayaan natal bagi kita itu apa toh? Kalau mengenang kelahiran Yesus, sebenarnya kelahiran Yesus yang seperti apa? Apakah kita mengenang kelahiran Yesus dalam konteks kolonialis, atau mengenang kelahiran Yesus dalam konteks konkrit, dalam kehidupan kita saat ini.
Kalau saat ini ada pohon cemara dengan kerlap kerlip, ditambah lagi dengan kapas, yang menunjukkan salju, maka sadar atau tidak sadar kita sedang merayakan natal dalam penindasan, karena sesungguhnya itu adalah kolonialis, yang memaksakan, di natal sendiri dulu tidak ada seperti itu. Dan itu juga merupakan produk - produk keimanan dalam konteks tertentu, yang terus dibawa sampai hari ini. Jadi ketika ada spanduk, dan surat edaran, pelarangan atribut atribut natal yang sekarang ini itu menjadi perenungan buat kita, "oiya ya kenapa kita disibukkan dengan atribut atribut itu, yang sesungguhnya itu adalah penindasan yang tidak kita sadari. Natal itu tidak sah kalau tidak seperti itu kesannya." Sehingga natal itu tidak kontekstual, natal itu tidak pernah hadir dalam konteks kita, karena konteks nya itu adalah konteks masa lalu di negara - negara barat, yang dipaksakan terus dibawa hingga hari ini.
Oleh karenanya, pada hari ini kita semua harus mengambil makna kontekstual itu, dengan merenungkan, bahwa tantangan itu tidak harus dianggapi dengan emosional, karena bisa jadi Tuhan justru memakai situasi ini bagi kita semua, untuk kembali merenung apasih sebenarnya yang sudah kita lakukan hingga saat ini? Apa yang sudah gereja lakukan untuk masyarakat selama ini?

Kalau kita kembali merenungkan kehadiran Yesus, bahwa Yesus hadir adalah justru untuk menyatukan strata sosial yang sudah terbagi - bagi pada saat itu. Adanya tingkatan - tingkatan sosial membuat manusia terpisah. Maka ketika perayaan natal, lahirnya Yesus, memberi kesempatan dari strata yang berbeda bisa berkumpul bersama. Para gembala yang miskin, yang rendah, yang tidak dihargai, bisa disatukan dengan orang - orang majus yang kaya, berhikmat, dan dianggap sebagai orang - orang terhormat yang diakui dengan jabatan dan kedudukan, serta kekayaan di sebuah kandang. Semua orang bisa disatukan disana, meskipun strata nya tetap. Mereka tetap raja, dan yang lain tetap gembala. Tidak harus semua menjadi gembala atau tidak semua menjadi raja, tapi mereka bisa disatukan. Strata tidak bisa kita hapus, yang bisa kita hapus adalah tembok yang memisahkan strata itu. Oleh karenanya mari kita membongkar tembok - tembok yang membatasi kita, dan kita terjatuh pada strata tertentu, kita sadar bahwa ada yang miskin, ada yang kaya, ada yang menderita, ada budaya lain, ada agama lain, dan kita mestinya hidup bersama sama. Yesus yang kita yakini, yang mengasihi dunia, mestinya adalah Yesus yang kita teladani, bahwa kita hadir mengasihi dunia, dengan membebaskan, membongkar tembok - tembok yang memisahkan, karena seolah - olah kita sudah ditempatkan pada strata - strata sosial tertentu. Dan semangat ini, kita sebut dengan semangat solidaritas, yang mestinya ada dalam kehidupan kita. Jadi jika tema kali ini "Damai itu telah datang" maka menjadi tugas bagi kita semua apakah betul kita bisa membongkar tembok - tembok yang memisahkan strata itu? Dan bisa hidup berdampingan? Serta mendatangkan damai di lingkungan kita?


Dini

Rabu, 26 Oktober 2016

Sleep Paralysis/ Tindihan

Selalu ada moment di setiap tahun, dimana sedang sibuk - sibuknya dengan urusan duniawi, tapi pengin posting di blog. Yes, seperti saat ini. Kali ini kita akan bahas soal Tindihan, atau bahasa lainnya Sleep Paralysis. Berangkat dari pengalaman pribadi, yang udah berkali - kali mengalaminya. Sampai puncaknya Sabtu pagi kemarin, pengalaman tindihan terburuk sepanjang sejarah tindihan
:(

http://www.healthkartrx.com/blog/wp-content/uploads/2016/04/sleep.jpg

"Tindihan/ Sleep Paralysis/ Kelumpuhan tidur adalah fenomena di mana seorang individu, baik selama tidur atau bangun, mengalami ketidakmampuan untuk bergerak, berbicara, atau bereaksi. Ini adalah keadaan transisi antara terjaga dan tidur, ditandai oleh ketidakmampuan untuk menggerakkan otot."
-dikutip dari wikipedia

Tindihan ini adalah salah satu hal yang mengerikan jika dialami seseorang, karena kita merasa terjaga/ sadar, tapi tidak bisa bergerak secara fisik. Kenyataan yang harus kita pahami adalah, Tindihan merupakan peristiwa biologis dan tidak perlu di khawatirkan. Anda bukan dalam proses menuju kematian. Bisa digambarkan otak kita sedang "cegukan" senyawa kimia saat kita sedang mengalami transisi dari tidur ke bangun.

Ada 9 cara yang bisa dilakukan untuk membangunkan diri dari Tindihan, seperti dikutip dari :
dreamstudies.org/2010/04/29/9-ways-to-wake-up-from-sleep-paralysis/

1. Jangan melawan
Jika tubuh anda terasa berat, dan tidak bisa bergerak, jangan melawan balik. Ini justru akan memperparah keadaan. Tidak hanya melawan balik meningkatkan rasa berat tubuh, tapi melawan juga akan meningkatkan ketakutan, yang memacu emosi otak, dan memicu mimpi buruk. Mengontrol ketakutan adalah keahlian yang paling penting saat momen ini terjadi.

Notes : inilah yang gw alamin kemarin, karena gw sadar sedang mengalami tindihan, dengan serta merta gw lawan, dan berusaha sekuat tenaga buat bangun, bukannya bangun, malah mimpi buruk

http://www.express.co.uk/news/weird/417557/Slept-badly-Blame-it-on-the-full-moon
 
2. Pasrah dan ikuti saja alurnya
Cobalah untuk relaks, saat anda menyadari anda sedang tindihan. Katakan pada diri anda bahwa semuanya akan baik - baik saja. Jika anda merasa tekanan di dada anda, cobalah untuk mengikuti tekanan itu, bukan malah melawannya. Itu seperti memenangkan pertarungan tanpa melawan.
 
3. Gerakkan jempol kaki
Ini cara yang cukup populer, dan bisa berhasil untuk beberapa orang, gerakkan anggota jari kaki termasuk jempol. Sebagian besar kelumpuhan terasa di perut, dada dan tenggorokan. Jadi fokuskan perhatian pada jempol, dan cobalah gerakan perlahan. Di beberapa kasus, ini juga akan menghentikan kelumpuhan.
 
Notes : gw juga pernah coba waktu tindihan dalam posisi tidur dikursi. Rasanya susah banget, udah berasa gerakkin jempol, tapi tetep ga bisa. Mungkin metode ini, emang gak buat semua orang
 
4. Gerakkan pergelangan tangan
Ini hampir sama dengan proses gerakkan jempol kaki.
 
5. Fokus pada tarikan nafas anda
Cara mudah untuk menghentikan mimpi buruk adalah dengan melakukan pernafasan yang terkontrol. Pernafasan yang terkontrol, akan mengurangi sakit di dada yang kadang erat kaitannya dengan tindihan. Bernafas adalah gerakan otomatis seperti detak jantung, atau otot pencernaan, jadi tidak termasuk kelumpuhan otot seperti di lengan, dada dan kaki. 
 
6. Pikirkanlah hal - hal yang anda cintai untuk membangkitkan keberanian
Untuk orang - orang beragama, ini bisa diaplikasikan dengan mengingat Tuhan dan mengucapkan doa - doa agar tersadar. Atau bisa juga mengingat orang - orang yang anda cintai, untuk memotivasi anda terbangun.
 
7. Meminta bantuan dari teman tidur
Untuk yang punya temen tidur, anda bisa beritahukan tentang gejala - gejala tindihan, dan apa yang harus mereka lakukan saat anda mengalaminya. Misal jika rekan tidur anda melihat anda kesulitan bernafas dan tidak teratur, ia harus membangunkan anda dengan menggerak - gerakkan tubuh anda sampai terbangun.
 
Notes : ini gak berlaku buat gw, yang tidur sendiri. Yang ada kemarin gw sempet kepikiran gw udah mati, dan horor karena gak bakal ada orang yang tahu. Terus kepikiran gitu, gimana cara gw kasih tau orang - orang kalo gw udah mati :(   ih amit - amit 
 
8. Batuklah untuk menyadarkan diri
Batuk sama seperti bernafas yang otomatis dan tidak lumpuh selama tindihan. Jadi anda bisa sengaja batuk untuk membangunkan diri.
 
9. Mapping pikiran
Sama seperti memetakan di pikiran anda saat terjadi kebakaran, petakan juga langkah - langkah yang harus anda lakukan saat mengalami tindihan. Ini akan membuat anda punya persiapan saat mengalaminya.
 
10. Bonus, metode andalan
Saat anda menyadari anda sedang tindihan, gerakkan muka anda, seperti sedang mencium aroma yang tidak enak, atau gerakkan muka yang lain, lakukan ini sebanyak 2 atau 3 kali, dan kelumpuhan akan berhenti segera. Sama seperti menggerakkan jempol dan tangan.
 
http://www.hearty-lifestyle-healthy-tips.com/SleepParalysis.html
 
 
"Setelah anda terjaga, bangunlah dari tempat tidur sesegera mungkin, dan nyalakan lampu. Cuci muka anda dengan air dingin atau melakukan aktifitas fisik lainnya. Jika anda tetap tiduran, kesempatan terserang tindihan lagi akan sangat tinggi."
- dikutip dari orang yang tindihan berkali - kali dalam satu pagi, karena males bangun, yaitu gw -_-"
 
Semoga artikel ini bermanfaat, menambah pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan kita terhadap tindihan.
 
 

Selasa, 27 September 2016

Pecinta Hujan / Rain Lovers / Pluviophile


Terjebak Hujan
Hampir setengah abad lamanya gak posting di blog. Sok sibuk dengan kehidupan di dunia nyata (yang gak jauh - jauh juga dari internet) ha ha
 
Kalian tau gak sih ada orang - orang yang suka banget sama hujan, baik dari suaranya, suasananya, aroma tanah yang kesiram hujan, dan lain - lain.
 

Raindrops
 
Seseorang yang menemukan sukacita dan ketenangan pikiran saat hari hujan, disebut Pluviophile (n) pecinta hujan.

Ada fakta, bahwa orang yang menikmati hujan, cenderung menjadi orang yang lebih bahagia. Fakta ini didukung oleh 7 alasan, seperti yang dikutip dari:
http://www.lifehack.org/325858/7-reasons-why-people-who-enjoy-the-rain-are-happier-life
Alasan - alasan itu diantaranya:
1. Mereka lebih menggunakan/ menajamkan panca indera mereka untuk menikmati hidup, terutama indera penciuman, penglihatan, peraba (kalo ujan - ujanan)
2. Mereka menikmati hidup yang saat ini mereka jalani, living in the moment bahasa internasionalnya.
3. Mereka lebih percaya terhadap dirinya sendiri, gak takut basah - basahan
4. Mereka lebih tangguh saat menghadapi masa - masa sulit, hujan badai? malah seneng
5. Mereka tahu bagaimana meletakkan segala aspek kehidupannya dalam perspektif, Pluviophiles tahu bagaimana melihat realita kehidupan secara sederahana dan meletakkannya dalam sebuah konteks
6. Mereka bisa melihat keindahan dalam kesedihan,
7. Mereka lebih menyadari bahwa segala yang exist, pasti akan berakhir (jadi lebih menghargai hidup)
 

 
Ada istilah lain yang erat kaitannya dengan Pluviophile, yaitu : Petrichor (/ pɛtrᵻkɔər /) adalah aroma bersahaja dihasilkan ketika hujan jatuh pada tanah kering. Kata ini diambil dari kata "petra", yang berarti batu, dan "ichor", yang berarti cairan yang mengalir di pembuluh darah dari para dewa dalam mitologi Yunani.
Fenomena ini di kemukakan pertama kali oleh dua orang ilmuwan asal Australia di tahun 1964, tapi sampai sekarang belum ada penelitian yang bisa menjelaskan mekanisme fisik dibalik munculnya aroma khas dari tanah yang tersiram air hujan.
Dari sekian lamanya penelitian oleh beberapa ahli, ada satu hal yang mereka amini bersama yaitu, ketika hujan menyentuh permukaan tanah yang berpori, ada udara yang terperangkap dalam kantong kecil. Gelembung ini kemudian menguap ke atas, seperti gelembung dalam segelas sampanye, sebelum benar - benar hilang, mereka melepaskan partikel mikroskopis, yang disebut aerosol, ke udara. Para peneliti berpikir aerosol ini membawa aroma seperti hujan. Simulasi nya seperti ini:

Sumber Gambar : http://www.livescience.com/49520-smell-of-rain-aerosols.html
 
Di internet banyak terdapat komunitas - komunitas Pluviophile, menandakan memang banyak orang - orang yang memiliki kecintaan akan hujan.
Salah satu website yang memberikan wadah para Pluviophile berkumpul adalah : http://www.rainymood.com/ , yang juga punya aplikasi, dan akun media sosial lainnya.

Homepage rainymood.com

Ada juga beberapa aplikasi yang bisa diinstal untuk dengerin suara hujan

4 dari sekian banyak aplikasi yang menawarkan suara hujan
Macam - macam playlist hujan yang ada di aplikasi "Rain Sounds"
best nya sih "perfect storm" yang nyanyi One Direction soalnya. Lah
Dari postingan yang gak seberapa ini, yang mungkin juga gak bisa diambil pesan moralnya (kaya postingan sebelum - sebelumnya bermoral aja -_-'), semoga bermanfaat.
Bisa menemani hari - hari terakhir di bulan September, yang dihiasi hujan ini. Cie elah..

Sekarang kalau hujan jangan ngeluh, karena ada banyak orang di luar sana yang sangat merindukan hadirnya hujan.

Enjoy every little things :)

 

Selasa, 29 Maret 2016

Ringkasan Isi Blog

Dibawah ini adalah bukti ke randoman isi blog ini, yang di update sekena-nya. Semoga bisa memotivasi diri gw sendiri untuk lebih rajin posting, dan isinya juga lebih bermutu.

Author on Vacation
Trip To Papandayan
Trip To Bali
Trip To Bromo [Part 1]
Trip To Bromo [Part 2]
Trip To Kawah Putih
Trip To Bunaken

 
Movie/ Series Review
High Society [K-Drama]
Kill Me Heal Me [K-Drama]
Avatar Family Tree [Part 1]
Avatar Family Tree [Part 2]
I Hear Your Voice [K-Drama]
Amazing Spiderman 2
The Conjuring
What to Expect When You're Expecting
Belajar Ideologi dari Avatar [Part 1]
Belajar Ideologi dari Avatar [Part 2]
 
 
Song Lyric
Kau Adalah by Isyana Sarasvati
Lava Song from Disney Inside Out Movie
How Do I Do Without You by Kim Joo Na
Little House by Amanda Seyfried
Let It Go in 25 Language from Disney Frozen Movie
Invisible by Hunter Hayes


Agak Bermutu sedikit
Tanda - tanda Quarter Life Crisis
Menjadi Sehat dan Cantik dengan Air Putih
Belajar Ten Fingers Typing
Cara Mengatasi Komedo
Giga Selfie
Know Your Emotion
Alam Semesta
Auroville City of Dawn
Cara Download Video dari Youtube
Tips dan Trik Menghadapi Fenomena Begal


Randomness Overload (Warning, membaca membuat anda mual, berkunang - kunang dan kesemutan)
Ocehan Gak Jelas di Dunia yang Makin Gak Jelas
One Direction A.M lyric breakdown
My Onion Pet
Curhat
Hadiah dari Perancis


Masih ada beberapa, tapi terlalu memalukan di post disini. So itu tadi link - link yang akan merenggut kuota anda jika anda mengekliknya.

Jumat, 25 Maret 2016

Profil Singkat [Video]

Berikut video profil singkat yang dibuat untuk melengkapi tugas perkuliahan Media Public Relation Audiovisual.

Ucapan Terimakasih:
Teman satu tim Audiovisual (Bernadeta Priska, Intan Kumalasari, Rini Setyaningsih)
Dian Lestari

Waktu dan lokasi:
Minggu, 20 Maret 2016. Taman Suropati, Menteng.


 

Rabu, 16 Maret 2016

Ocehan Gak Jelas di Dunia yang Makin Gak Jelas

Entah kenapa akhir - akhir ini gw lelah banget. Lelah ngeliatin berita - berita yang berseliweran di portal berita, di beranda google+. Seriously what the hell is wrong with the world? Ilmu pengetahuan dan teknologi makin canggih, tapi manusianya makin terbelakang. Gw gak ngerti lagi harus ngadu ke siapa. Jadi gw ngoceh aja di sini. Selama gw gak ngehina orang gw gak masuk penjara kan? Orang aja pada twitwar, hujat menghujat, masih tenang - tenang aja hidupnya.

Gw udah lama resign dari dunia pertelevisian nasional, gak pernah nonton acara tivi Indonesia whatsoever. Silahkan kalo mw bilang gw gak nasionalis. Daripada sesak napas, ato gagal jantung, karena liat sinetron Indonesia. Emang gak semua sinetron Indonesia jelek, tapi yang tayang di primetime justru yang kurang bagus. Sayang aja, karena sebenernya orang - orang perfilman bisa kok bikin sinetron yang lebih bagus, contohnya dulu sinetron Keluarga Cemara, Si Doel Anak Sekolahan, Lorong Waktu, briliant, ada pesan moral. Dan tetep dapet pemirsa, tanpa cerita yang nyleneh - nyleneh.

Sinetron jaman dulu
 
Sinetron jaman sekarang
Don't get me wrong, bukan berarti gw fanatik sempit, sinetron yang sekarang harus musnah, engga. Gw juga tau gak gampang buat sinetron, dan mereka bekerja sangat keras dalam proses produksi. Orang - orang yang tinggal di perkotaan dengan jaringan tv kabel, dan jaringan internet, tentu punya pilihan buat gak nonton tayangan tsb. Tapi coba bayangin orang - orang di pedesaan, yang channel tv nya cuma beberapa. Mau gak mau mereka harus nonton acara tv itu kan? Mereka bisa saja terinspirasi dengan tayangan - tayangannya. Contoh nyata, kemarin sempat beredar di dunia maya anak cewe, cowo usia SD ciuman captionnya related sama acara sinetron yang sekarang tayang.

Pelarian dari media elektronik, tentu saja media online. Dengan media online kita bisa pilih content apa yang mau kita baca. Jangan seneng dulu. Seperti yang gw singgung di atas, soal berita - berita gak jelas yang muncul di home google+ gw. So, gini ceritanya gw termasuk pengguna google+ , disitu gw join beberapa komunitas yang gw suka, biar gw bisa join sama orang - orang yang punya interest sama kaya gw. Tapi akhir - akhir ini, seiring dengan kondisi politik di Indonesia yang sedang memanas (sorry, kondisi politik selalu panas) banyak content, yang seenaknya masuk ke home, karena mereka 'lagi ngetren dan di rekomendasikan oleh g+' Ini gak adil buat gw, karena gw harus lihat berita - berita yang kebanyakan hoax, cuma karena banyak orang yang ngehits, dan komen disitu. Ini contohnya:


Lihat berita ini, dari judulnya udah memprovokasi.
Dan baru sekitar 1.5 jam di posting, sudah ada 35 komentar.
Yang mostly berisi hal yang gak nyambung sama content berita.
Dibawah ini contoh lain, dari content yang gak jelas:

Pertama, forumnya cari pacar & cari jodoh.
Kedua, captionnya dapatkan pinjaman uang.
Ketiga, fotonya cewek selfie.
Keempat, yang komen 'minjem kamu boleh'
Gak ada yang nyambung kan?
Dan anehnya 662 orang ngelike, 10 diantaranya reshared
dan 32 orang iseng lainnya komen.

Emang ini sudah resiko jadi bagian dari dunia maya. Kalo gak mau terima hal - hal kaya gini, hidup di goa aja. hahah. Tapi gw dan pengguna lain juga punya hak buat surfing dunia maya dengan tenteram dan damai, tanpa spam - spam kaya gitu.

Seperti yang gw pelajari. Perkembangan teknologi bagai pisau bermata 2. Satu sisi nya bermanfaat, tapi sisi yang lainnya juga bisa melukai. Pinter - pinternya kita aja menggunakannya, biar bisa bermanfaat semaksimal mungkin, dan jika harus terluka usahakan sesedikit mungkin.

Jadilah pengguna internet yang cerdas, jangan mudah menyebarkan berita yang belum terbukti kebenarannya yang bisa memunculkan kontroversi, juga jangan berkomentar yang juga menimbulkan kontroversi. Salah satu pedoman gw dalam berinternet adalah 'don't make stupid people famous'. Kadang liat orang dengan sengaja membuat kehebohan dengan kebodohannya, atau posting berita hoax, komen kasar, gatel banget komen, ngebales, ato nge report. Tapi, ingat itulah tujuan mereka, dapet perhatian, jadi trending topik, dan secara gak langsung kita baru saja jadi seperti mereka. Ignore aja, demi kebaikan bersama.

Satu hal lagi, tentunya kita sadar kalau media bisa mengontrol segalanya. Kadang gw merasa heran saat ada satu topik yang habis - habisan di ulas sama media atau sinetron stripping yang gak abis - abis. Contoh kemarin sempet ada kasus Kopi Sianida, dan dimana - mana mengekspose berita itu, mengalahkan berita terorisme, yang justru lebih menyangkut hajat hidup orang banyak. Kalo sinetron adalah contohnya yang udah ribuan episode. Awalnya gw pikir ini murni kelakuan media, tapi setelah gw pikir - pikir, ini efek dari masyarakat juga. Media hanya akan menjual berita yang trafficnya tinggi, begitu juga tv akan terus menayangkan sinetron yang rating nya tinggi. So, media mencerminkan apa yang kita inginkan. Kesimpulannya adalah, kalau tadi asumsi kita media mengendalikan kita, kenapa gak kita balik, kita juga bisa mengendalikan media. How? Jangan buka/ tonton berita yang gak mutu, content televisi yang gak mendidik. Enough is enough.

Stay safe, and happy surfing :)

Selasa, 09 Februari 2016

Tanda - Tanda Anda Mengalami Quarter Life Crisis dan Cara Mengatasinya

Quarter Life Crisis (QLC) merupakan sebuah periode kehidupan, yang biasanya dialami dalam rentang usia awal 20an sampai usia 25 tahun. Dimana di periode ini, seseorang mulai merasa mengkhawatirkan hidupnya. Baik urusan karir, percintaan, dan tujuan - tujuan lain mulai muncul dan di pertanyakan di rentang usia ini.
www.sofeminine.co.uk1020

Berikut tanda - tanda anda mengalami QLC, yang dikutip dari Buzzfeed:

1. Tahun ini anda menginjak usia 25 tahun.
Usia puncak dari periode QLC adalah 25 tahun, dan tahun 2016 ini, anak - anak yang lahir di tahun 1991, menginjak usia 25.

2. Setiap hari anda berdebat dengan pikiran anda, tentang konsep anak muda 20an vs. orang dewasa. Ingat anda berada 5 tahun lebih tua dari anak usia 20 tahun, tepatnya di pertengahan usia kepala 2.

3. Ada moment dimana anda tidak mengakui usia anda yang baru. Saat ada yang tanya, "usia?" anda akan berpikir sebentar, antara mengaku atau tidak. Karena 25 tahun sudah bukan usia yang 'muda'

4. Berhubungan dengan lawan jenis, tiba - tiba menjadi menakutkan. Apakah kita akan putus, dan artinya kita telah menyia - nyiakan usia 20an kita, atau kita akan menikah? Apakah sudah siap? Pilihan yang sulit

5. Kakek, nenek, bahkan orang tua mulai menanyakan, pertanyaan yang tak bisa dihindari: "Kapan kamu mau menikah?", "Kapan kamu mau punya anak?". Dan anda merasa sulit sekali menjawabnya.

6. Kehilangan kontak teman - teman juga merupakan hal yang tak bisa di hindari. Dan anda harus bisa mengatasinya.

7. Anda juga harus mengatasi kecemburuan, pada teman - teman yang bisa berlibur secara rutin

8. Dulu nya anda akan meminta ulang tahun anda dirayakan, tapi sekarang, lebih baik jika ulang tahun anda tidak dirayakan, bahkan tidak ada yang tahu.

9. Anda mulai membandingkan diri anda, dengan teman - teman seusia anda, dan bahkan dengan orang tua anda, saat mereka seusia anda.

10. Anda tiba - tiba merasa takut akan kegagalan. Karena itu berarti anda harus mulai lagi dari awal. Dengan usia yang tidak lagi muda.

11. Anda sering membayangkan indahnya masa - masa SMA dan kuliah. Dan anda akan terkejut kenangan indah itu terjadi 5 - 8 tahun yang lalu.

12. Anda juga membayangkan skenario - skenario 'gila' yang bisa anda lakukan, seperti : resign dari pekerjaan, pindah ke suatu tempat, bepergian jauh, sekolah lagi, dll

Jadi jika anda merasa seperti anda berada dalam Quarter Life Crisis, Ada beberapa tips praktis yang di kemukakan Alexandra Robbin dalam bukunya: 'Conquering your quarterlife crisis: Advice form Twentysomethings who have been there and survived.'

> Ingat bahwa hidup bukan perlombaan

www.7es17.hu1000
Beberapa keputusan yang anda ambil di periode QLC akan memperbaiki atau menghancurkan hidupmu. Cobalah untuk tidak merasa terbebani untuk tetap mempertahankan karir yang anda benci, atau sebuah hubungan yang hambar hanya karena anda 'sudah kepalang' dan anda merasa berhenti dari pekerjaan atau putus dengan pasangan anda membuat anda 'ketinggalan rombongan'. Hidup terlalu singkat hanya untuk mempertahankan sesuatu yang tidak membuat anda bahagia di waktu yang lama, putuskan apa yang pantas untuk di perjuangkan, dan di lepaskan.

> Kumpulkan keberanian untuk mendefinisikan kembali diri anda.
buybestessays.com1941

Menjadi dewasa berarti menemukan identitas anda. Di masa sekolah dan kuliah, identitas anda sebagian besar di gambarkan dengan angka, seperti: nilai, jurusan, rencana karir, kegiatan ekstrakurikuler. Tapi di kehidupan setelah kuliah, identitas anda adalah sampul kosong, dan pekerjaan anda adalah untuk memastikan siapa anda dan untuk mengisi buku dengan sampul kosong tersebut. Anda mungkin berakhir dengan mencoret - coret halaman buku anda yang belum terselesaikan. Tapi Robbin berkata : "Di beberapa titik dalam hidup anda, anda harus menghadapinya sendiri. Anda mungkin juga melakukannya sekarang"

> Kendurkan harapan anda, dan temukan fakta yang menenangkan dimana anda tidak sendiri.
groovv-merge.brandculture.com520

Bahkan teman - teman anda yang setelah kuliah menikah, dan memiliki pekerjaan, mereka juga merasakan kesedihan dan kegelisahan yang mungkin anda rasakan. Kelilingi diri anda dengan orang - orang yang membuat anda merasa nyaman, dan orang - orang yang bisa membuat anda terbuka tentang kehidupan pribadi anda. Temukan orang yang juga bisa anda ceritakan perjuangan anda dan berjuang bersama anda di usia 20an ini. Tidak ada teman yang lebih berharga dari teman yang anda bisa berkata demikian padanya "Hey, hidupku berantakan sekarang", dan mendengarnya berkata "Akupun. Ayo kita bicarakan"
Sekarang juga waktu yang tepat untuk akhirnya melepaskan harapan anda, tentang seperti apa kehidupan orang dewasa seharusnya. Tidak masalah jika orang tua anda menikah di usia 22 tahun atau jika teman anda mengalami awal yang baik. Memberikan terlalu banyak tekanan pada pikiran anda, tentunya tidak baik untuk anda. Hidup terlalu singkat untuk melamuninya dan membayangkan anda memiliki kehidupan orang lain.

Sebagai hiburan terakhir, ada lagu Quarter Life Crisis - AJ Rafael & Julie Zhan. Untuk menutup artikel ini.

video
 

Selasa, 26 Januari 2016

One Direction - A.M

Akhir - akhir ini gw lagi suka dengerin lagu nya One Direction. Judge me, silahkan Berasa jadi generasi muda sekali. hhahah. Dan salah satu lagu mereka di album terbaru 'Made in the A.M' yang berjudul A.M replay terus baik di playlist, di otak, dan di bibir. Ok sepertinya gw harus ke dokter. Entah kenapa ini lagu nendang banget di hati. Silahkan di buffering dulu lagu + liriknya:

video


Lagu ini mungkin relatable banget sama beberapa orang, termasuk gw. Membawa kembali kenangan - kenangan saat kita bisa duduk berjam - jam bersama seseorang atau beberapa orang, sampai pagi, ngobrolin hal - hal gak jelas, gak mutu, tapi membuat kita bahagia. Gw merasakan kejujuran dari lirik lagu A.M ini, hal konyol, tapi manis. I can't even describe it in a word.

"Won't you stay till the A.M? All my favorite conversation always made in the A.M
Cause we don't know what we're saying, we're just swimming round in our glasses, and talking out of our asses, like we're all gonna make it"

See... I feel like I'm crying T.T

"Feels like this could be forever tonight, break these clocks, forget about time. There could be a World War 3 going on outside."

"Feels like this could be forever right now. Don't wanna sleep, cause we're dreaming out loud. Trying to behave, but you know that we never learned how."

"You and me were raised in the same part of town. Got these scars on the same ground. Remember how we used to kick around just wasting time?"

"You know I'm always coming back to this place. You know I'm always gonna look for your face."

Jika kalian punya temen yang asik buat ngobrol sampai pagi, dan gak pernah kehabisan topik, ngerasa kata - kata dari lu dan dia ngalir gitu aja. Don't let them go. And you're both are so lucky to have each other.

 

Selasa, 19 Januari 2016

Isyana Sarasvati - Kau Adalah [Lyric]

Postingan ini terjadi karena banyak yang misheard lirik lagu Kau Adalah by Isyana Sarasvati bagian verse nya. Gw udah coba dengerin berkali kali, dan sepertinya yg gw denger bener. Gw jg udah kasih komen di youtube soal lirik lagu yang bener. Dan pernah submit correction di azlyric.com beberapa waktu lalu, tapi belum di update sama mereka. So, langsung aja lirik lagu Isyana Sarasvati - Kau Adalah, berdasarkan pendengaran gw. Untuk bagian rap gw gak jamin kebenarannya 100%.

Isyana Sarasvati - Kau Adalah

Aku dan dirimu sudah jadi satu
Di dalam ikatan percaya
Benih asmaraku, benih asmaramu
Tumbuh makin sempurna, ooh
 
Kau membuatku, jadi diriku sendiri
Aku jadi tambah yakin kepada kamu, kamu, kamu
 
Kau adalah, yang terindah
Yang membuat, hatiku tenang
Mencintai kamu, takkan pernah takut
Sebab kau trima sgala kurangku

Baby girl you’re so beautiful
And I love is that compare with cool
And it is more than just a physical attraction
If you don’t, Individual , we have to stand with your connection,
is always you’re the one who know me
And baby you can call me every time you feel  you want me
And I’ll be there, with you and I, now you see
And I love you, till the world something I found

Kau membuatku, jadi diriku sendiri
Aku jadi tambah yakin kepada kamu, kamu, kamu
 
Kau adalah, yang terindah
Yang membuat, hatiku tenang
Mencintai kamu, takkan pernah takut
Sebab kau trima sgala kurangku

 
Here we go, uh
We’ve been together through the first time, girl
But I want you to know I see you alright
I love you too girl
And I love it when you smile so cute girl
Hey, Don’t tell me jealous, when I hang you on my palace
And when you and me together, girl
You said the time was endless
And when the time is right, you’re happy by my side
Maybe you don’t know
Sing it for me girl

Do you love me like I love you? (of course I do)
Do you love me like I loooove you?
 
Kau adalah, yang terindah
Yang membuat, hatiku tenang
Mencintai kamu, takkan pernah takut
Sebab kau trima sgala kurangku
 
Kau adalah, yang terindah
Yang membuat, hatiku tenang
Mencintai kamu, takkan pernah takut
Sebab kau trima sgala kurangku

Can nobody love you like me?

Trima sgala kurangku

video