Jumat, 30 Oktober 2015

Belajar Ten Fingers Typing

Kali ini gw akan ngebahas salah satu kegiatan gw sehari - hari 'ngetik sepuluh jari'. Believe or not, 5 tahun yang lalu gw merupakan penganut gerakan mengetik 11 jari, alias ngetik dengan 2 jari telunjuk. Tapi semuanya berubah setelah gw mengenal Klavaro. Aplikasi yang satu ini ngebantu kita saat ingin belajar ngetik sesuai prosedur. Kenapa ngetik ada prosedurnya?? Karena pada dasarnya selain ngetik 10 jari membuat kecepatan ketik lebih cepat, metode ngetik ini bisa mengurangi resiko pegel - pegel saat ngetik banyak sampai penyakit serius seperti Carpal Tunnel Syndrome atau penyakit di pergelangan tangan karena saraf yang tertekan dan menimbulkan gejala nyeri, mati rasa, dan kesemutan. Perlu diketahui juga, seapal - apalnya kita sama urutan keyboard selama kita tidak menggunakan jari yang benar, tetep akan kalah cepet ngetiknya saat kita tahu posisi jari yang benar. Dan sekarang kebisaan ngetik 10 jari juga sudah menjadi syarat wajib saat orang melamar kerja yang berhubungan dengan komputer.

Seperti yang gw sebutin diatas, kita akan menggunakan aplikasi Klavaro. Sebenernya banyak aplikasi lain buat belajar ten fingers typing seperti Rapid Typing, Kirans Typing Tutor, Kids Typing Skills, TypingMaster Typing Test, dan lain lain. Pertama - tama silahkan download dulu aplikasi Klavaro melalui link dibawah ini:

https://drive.google.com/file/d/0B-_SaQqUezBYMDF4SVMxWEQ1Z00/view?usp=sharing_eid&ts=56330e42

Lalu instal sesuai petunjuk, jangan lupa pilih bahasa Inggris untuk bahasa pengantarnya.

Setelah di instal buka aplikasi nya:
Ini main menu nya, dengan 5 submenu yang bisa dipilih
Ini dia posisi jari yang sebenar - benarnya
Kelingking untuk area berwarna ungu.
Jari manis untuk area berwarna merah.
Jari tengah untuk area berwarna hijau.
Jari telunjuk tangan kiri untuk area berwarna kuning.
Jari telunjuk tangan kanan untuk area berwarna oranye.

Believe or not (2) saat kita belajar dengan sungguh - sungguh, dan bisa pada akhirnya, kita akan merasa kepuasan tersendiri, karena saat ngetik gak usah tengak tengok keyboard dan  monitor, dan saat kita salah pencet, udah kaya ada sinyal tersendiri yang mengingatkan secara otomatis. Ngetik pun jadi menyenangkan.

video

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar