Rabu, 04 Maret 2015

Avatar: The Legend of Aang, The Legend of Korra Family Tree [Part 1]

 
Udah lama banget pengen posting artikel tentang Avatar : The Last Airbender (ATLA), sama The Legend of Korra (TLOK), dua - duanya keren abis. Beberapa minggu yang lalu dapet gambar family tree tokoh - tokoh yang main di kedua series dari 9gag, so, this is it, the family tree of Avatar Universe.
 
Aang's Family Tree
 

Aang (sang avatar dari series pertama ATLA) berhasil keluar dari friendzone dan menikah dengan Katara, pengendali air dari suku air selatan. Ayahnya Hakoda (non-bender), Ibunya Kya (water-bender), dia juga punya kakak laki - laki bernama Sokka (non-bender). Kataang mempunyai 3 anak:
1. Bumi : di TLOK season 1, 2 dia seorang non-bender, namun di season ke-3, dia menjadi air-bender. Dia seorang jenderal yang cerdik, suka humor, dan selalu beruntung.
2. Kya : muncul di TLOK season 2 dan 3. Seorang wanita yang keibuan dan water-bender yang hebat, diberi nama sama seperti ibu Katara.
3. Tenzin : air-bender master yang sangat serius, tapi kadang bisa melucu, menikah dengan Pema (non-bender) dan punya 4 anak yang semuanya air-bender:
> Jinora = memiliki kelebihan dalam hal spiritual, dia bisa memproyeksikan dirinya, menembus ruang dan waktu. Di akhir season 3 TLOK dia menjadi air-bender master.
> Ikki = dia berbicara sangat cepat, ceria, dan penyayang. Sering jadi korban bully kakak dan adiknya
> Meelo = bocah paling lucu yang membawa tawa sepanjang series TLOK, air-bender yang cerdik (cenderung sok tau) dan suka jealous sama Jinora, karena dia juga mau dapat tato.
> Rohan = di season 1 pertengahan dia lahir, di season 2 jarang banget tampil, tampil sekilas - sekilas, dan di ending season 4 dia jadi penerus Meelo, yang pecicilan kesana kemari.
 
Karena Air-Nomads dikenal dengan spiritualitasnya, maka bender turunannya adalah spirit projection. Mereka biasa bermeditasi, kehidupan mereka bebas, berpindah - pindah dari kuil ke kuil yang tersebar di seluruh dunia Avatar, karena itu mereka disebut Nomads (Nomaden). Mereka juga vegetarian, dan dikenal memiliki selera humor yang tinggi. Saat Aang kecil, dia sangat suka bergurau, tapi semakin dewasa, dia semakin menjadi pribadi yang serius, karena merasa kelangsungan kaumnya ada di pundaknya. Sifat humornya diturunkan ke anak pertamanya Bumi, dan cucu nya Meelo.
 
Zuko's Family Tree
 
 
Aku akan coba jelasin silsilah keluarga Zuko dari bapaknya kakek buyutnya, ribet kan.
Sozin, fire lord yang mengawali perang, dengan menyerang air nomads untuk membunuh Avatar, berambisi banget fire nation menguasai dunia. Awalnya bersahabat baik dengan Avatar Roku, karena perbedaan tujuan, mereka tidak lagi bersahabat, dan akhirnya dia membiarkan Roku mati saat menyelamatkan desa dari letusan vulkanik.
Azulon, muncul di ATLA dan komik Avatar : The Search, saat flash back kisah keluarga Zuko, tidak di jelaskan apa dia termasuk Fire Lord yang jahat atau baik, tapi sepertinya dia sosok ayah yang adil terhadap 2 anaknya.
Iroh I, anak pertama Azulon, yang seharusnya jadi fire lord, tapi karena dia mengalami guncangan mental yang sangat hebat sepeninggal anak lelaki satu - satunya, Lu Ten, dia lebih memilih hidup tenang, mendalami dunia spirit, dan menebarkan kedamaian dengan teh nya.
Ozai, inilah penerus kejahatan Sozin, ambisinya menguasai dunia benar - benar tidak bisa dibendung, bahkan dia rela membunuh ayahnya Azulon untuk menjadi Fire Lord. Dia dijodohkan oleh ayahnya dengan Ursa, yang tidak lain dan tidak bukan adalah cucu dari Avatar Roku. Kisah Ursa dan keluarganya lengkap di ceritakan di komik The Search.
Zuko, fire lord paling keren sepanjang masa. Di ATLA season 1,2 sampai pertengahan 3, dia menjadi musuh bagi Aang, tapi di pertengahan season 3, dan sampai akhir hayat, mereka berteman sangat baik. Zuko mengalami kegalauan mendalam di dirinya, karena energi jahat dari kakek buyut Sozin dan energi baik dari kakek buyut Roku bertarung dalam dirinya.
Azula, anak kedua Ozai, adik dari Zuko, di ATLA sosoknya sangatlah kejam, dingin, dan tak ada yang bisa menghentikannya untuk menangkap Avatar, juga sangat berambisi menghancurkan Ba Sing Se, tapi di komik The Search, di ceritakan side story tentang Azula, mengapa dia di hantui oleh bayang - bayang ibunya. Dia disebut - sebut sebagai best villain, karena karakternya yang sangat kuat.
Izumi, anak perempuan Zuko, yang menjadi fire lord di TLOK. Dia penerus sisi baik Zuko, yang tidak ingin peperangan ada di muka bumi, dan membawa negara api sebagai penegak perdamaian.
Iroh II, jenderal paling ganteng se negara api. Diberi nama sama seperti paman Zuko, karena saking cintanya Zuko sama paman yang udah kaya ayah kandung buat dia.
 
Disini silsilah negara api, kita bisa melihat pola penamaan, yang menggunakan huruf Z di setiap nama anggota keluarganya, kecuali Iroh, mungkin Iroh bukan anak kandung dari Azulon (ngarang). Tapi mungkin aja, soalnya dia baik, dan tidak bernafsu seperti fire lord yang lain. Bahkan dia rela tidak menjadi fire lord, dan menyerahkan tahtanya untuk Ozai. Dia juga jadi pelopor gerakan White Lotus, yang tetap ada sampai TLOK. Bahkan di TLOK, di ceritakan dia menetap di spirit world, karena kecintaanya dengan dunia spirit. Kalau Azula dianggap sebagai best villain, Iroh juga banyak dianggap sebagai best character, karena kebijaksanaanya. Gak heran Zuko cinta mati sama pamannya yang satu ini :') *terharu
 
Toph's Family Tree
 

 
Silsilah keluarga Beifong sangat berperan penting di kedua series Avatar.
Toph Beifong anak tunggal dari Lao Beifong dan  Poppy Beifong , buta sejak lahir dan selalu di manja oleh orang tuanya, tapi malah menjadikan dia the greatest earth bender in the world. Dia tidak hanya memakai pengendalian sebagai senjata, tapi sebagai perpanjangan indera nya. Di ATLA, Toph yang masih anak - anak menemukan metal-bender saat dia di kurung di sel besi, lalu di komik Avatar dia mendirikan sekolah metal-bender Beifong, dan dia kembali muncul di LOK season 4, masih dengan gaya songongnya walaupun sudah nenek - nenek. Dia mempunyai 2 anak perempuan, dari 2 lelaki yang pernah jadi suaminya. Salah satu mantan suaminya yaitu Kanto.  Ada kalimat dari Toph yang akhirnya meluluhkan hati kedua anaknya yang sempat tidak akur dan tidak berhubungan selama 30 tahun, kira kira begini "Mungkin aku bukan ibu yang baik, tapi aku berakhir dengan 2 anak yang luar biasa"
Lin Beifong, earth and metal-bender, anak pertama Toph, mantan kekasih Tenzin, kepala polisi di Republic City, badass women. Dia orang yang sangat keras, tapi memiliki hati yang baik. Punya luka di pipi, karena insiden masa lalu saat bersama adiknya.
Suyin Beifong, earth and metal-bender, anak kedua Toph, adik tiri Lin, dulunya berjiwa bebas, melakukan apa yang dia mau, tapi akhirnya dia berubah menjadi sosok yang baik, dan penyayang. Menikah dengan seorang arsitek Baatar Sr. seorang non-bender yang penakut, dan memiliki 5 anak:
> Baatar Jr. : seorang non-bender lelaki yang pintar dalam hal arsitektur dan teknologi, muncul di season 3, dan menjadi villain di season 4 LOK bersama kekasihnya Kuvira, tapi akhirnya kembali ke keluarganya, karena di hianati oleh Kuvira.
> Huan : earth and metal-bender, tapi lebih menggunakan kekuatanya untuk hal - hal seni, seperti membuat patung - patung dari metal, dan dia suka melukis, gak terlalu banyak muncul, tapi setiap kemunculannya bikin greget.
> Opal : gadis lembut, penyayang, yang awalnya non-bender ini kemudian bertransformasi menjadi air-bender yang hebat, dan menjadi penyelamat keluarganya dari tangan Kuvira.
> Wei and Wing : saudara kembar ini memiliki kemampuan earth dan metal-bender yang keren banget, suka menemukan permainan - permainan, dan teknik - teknik bender yang baru dan unik.
 
Suka banget sama keluarga metal ini, apalagi sama konflik Lin sama Suyin di TLOK, banyak pelajaran juga yang bisa di ambil dari persengketaan mereka. Berawal dari Toph yang terlalu membebaskan anak - anaknya, malah ngebuat dua anaknya rebutan perhatian dari ibunya, Lin memilih menjadi chief polisi, sama seperti Toph, dan Suyin yang memang berjiwa bebas, mencari perhatian dengan selalu mencari masalah. Sampai pada suatu ketika, Suyin mencuri dengan teman - temannya, dan Lin sendiri yang menangkapnya, disini Toph berusaha melindungi keluarganya dengan mengirim Suyin ke rumah neneknya, tapi justru Lin merasa ia diperlakukan tidak adil, karena seharusnya Suyin di penjara karena tindakannya. Sejak saat itu kedua kakak beradik ini berpisah, tidak berbicara selama 30 tahun lamanya. Kembali akur saat mereka harus bersatu melindungi keluarga Beifong.
 
Untuk family tree selanjutnya, akan di bahas di next posting karena ini udah terlalu panjang yah.
 
:D
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar