Selasa, 10 Maret 2015

Auroville - City of Dawn [Kota Universal yang Damai]

Pertama kali tau kota ini dari 9gag, melalui postingan shadymatters:
source 9gag.com : http://9gag.com/gag/aKPw6L6
Dan reaksi gw, 'Seriusan, ada kota begitu? Mau pindah ke sana..' Langsung deh naluri stalkernya on, kepoin google, wikipedia, dan banyak banget informasi tentang kota Auroville ini. Kebanyakan info dalam bahasa inggris, dan dengan kemampuan bahasa inggris minimalis, gw akan coba uraikan sebisanya.
 
source : google images

Kota ini terletak di India bagian selatan, tepatnya di Tamil Nadu, distrik Viluppuram. Dengan populasi 2345 orang (di tahun 2014). Di telusuri dari wikipedia.org, Auroville (City of Dawn) adalah kota eksperimental. Berdiri pada tanggal 28 Februari, tahun 1968 oleh 'The Mother' yaitu Mirra Alfassa, dan di disain oleh arsitek Roger Anger.
Mirra Alfassa (The Mother). Source : auroville.org
 
Tujuan utama didirikannya kota ini, seperti diungkapkan oleh Mirra Alfassa :
 
"Auroville is meant to be a universal town where men and women of all countries are able to live in peace and progressive harmony above all creeds, all politics and all nationalities.
 The purpose of Auroville is to realise human unity."
 
Yang berarti:
 
"Auroville dimaksudkan untuk menjadi sebuah kota yang universal di mana pria dan wanita dari semua negara dapat hidup dalam damai dan harmoni progresif atas semua kepercayaan, semua politik dan semua bangsa.
Tujuan dari Auroville adalah untuk mewujudkan kesatuan manusia."
 
Dan bener aja, penduduk di Auroville berasal dari berbagai negara. Cek aja di bawah ini:
source : wikipedia.org, Indonesia belum ada nih!
Ok, sekarang pasti pada penasaran, gimana kehidupan di kota yang katanya damai ini. Berikut gw coba ringkasin gambaran kehidupan di Auroville dari web nya www.auroville.org
Aurovilians. source : auroville.org
 
1. Untuk tinggal di sana, harus bergabung secara resmi, jadi jangan bayangin kota ini kaya tempat wisata yah, dateng dan pergi sesuka hati. Tapi sebelumnya, calon penduduk bisa survey dulu lokasi, sebelum akhirnya membuat komitmen akhir untuk tinggal dan menetap disana. Misal mereka udah survey, trus mantep nih mau pindah, tinggal kontak ke Entry Service di sana, lalu pulang ke negara asal buat minta surat rekomendasi. Surat rekomendasi ini digunakan buat permohonan visa masuk ke Auroville. Visa masuk ini di dapat dari kedutaan besar India, dan ada masa berlaku nya, kalau udah expired, harus segera diperpanjang, dan masa berlaku nya berbeda - beda dari setiap negara asal. Ok, setelah dokumen masuk siap, penduduk baru ini masih harus mengurus dokumen pendaftaran regional. Pendaftaran regional ini harus di urus dalam waktu 14 hari, kalau lebih akan di kenakan denda.
 
Kehidupan sehari - hari di Auroville, source : auroville.org
 
2. Kehidupan di Auroville, berjalan atas adanya kontribusi bulanan dari semua penduduknya. Kontribusi ini berupa uang iuran untuk memelihara infrastruktur (seperti pajak di Indonesia) dan jika ada penduduknya yang bener - bener ga bisa bayar iuran, bisa di pertimbangkan, dan bisa juga kontribusinya diganti jadi kontribusi tenaga melalui pekerjaan tetap yang berguna bagi masyarakat lain.
 
source : google images
 
3. Auroville juga mempunyai konsep, menjadi kota yang menjembatani masa lalu dengan masa depan. Jadi disini situs - situs kuno sangat di pelihara, itulah mengapa UNESCO mendukung Auroville selama 40tahun, tapi disisi lain, perkembangan arsitekturnya juga luar biasa maju, banyak bangunan - bangunan unik dan futuristik. Yoi banget kan.
 
 
Oke, ini sedikit info yang bisa gw share tentang Auroville - Kota universal yang damai. Untuk lebih detail bisa kepoin Wikipedia atau situs resmi nya. Tapi kalo di bandingin sama postingan 9gag di awal, emang agak beda. Kota ini tidak sebebas itu, tetap ada rule (buktinya ada ketentuan harus bayar kontribusi), ada juga orang - orang yang mengurus administrasi, lalu berhubungan dengan pemerintah India, karena bagaimanapun Auroville masih menjadi bagian dari India, dan warga nya juga masih memeluk agama, bahkan ada satu tempat khusus untuk Dalai Lama, artinya masih ada kepercayaan disini. Hanya saja, seperti diungkapkan The Mother tadi, kehidupan di Auroville harus harmonis, ga peduli agama/ kepercayaan apa yang mereka peluk. Sejauh yang gw baca, emang ga ada hukum tertulis disini, untuk tindak kriminalitas.
 
So, how? berminat untuk pindah ke Auroville, hoho. Gimana kalo kita ciptain Auroville kita sendiri di Indonesia tercinta. Have a great day!
 
 
Cheers
Dini
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar