Kamis, 22 Mei 2014

Bromo, Here We Come...

Gunung Bromo
Counting down! H- 16, heheh
16 hari lagi, aku sama temen - temen ber7, bakalan menyambangi gunung Bromo. Gunung yang terletak di Jawa Timur ini sudah enggak di sangsi kan lagi ke indahannya. Well, ga ada salahnya kita kepoin dulu gunung yang satu ini.


Menurut Wikipedia, gunung dengan tinggi 2329m diatas permukaan laut ini, masih aktif loh, dan terakhir meletus di tahun 2010, beberapa waktu yang lalu saat Kelud meletus, gunung Bromo juga sempet batuk - batuk, itu lah rencana aku mau ke sana bulan Maret, terpaksa di cancel.


Asal usul nama Bromo berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Brahma, salah seorang dewa utama Hindu, mungkin gunung ini juga dianggap utama yah sampe asal namanya dari dewa yg utama.
Gunung Bromo memunyai sebuah kawah dengan diameter 600-800meter, daerah bahayanya berupa  lingkaran dg jari - jari 4km dari pusat kawah.


Di wiki, juga disebutin sejarah letusan gunung bromo ada sekitar 3 kali, dengan interval waktu yang teratur yaitu 30thn, dan yang terbesar di tahun 1974.


Bromo juga dikenal sebagai gunung suci, setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki gunung Bromo, dilanjutkan ke puncak gunung bromo, dan diadakan tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama, sekitar tanggal 14-15 di bulan kesepuluh penanggalan Jawa.




Woaaa, keren yah trivia nya, ga mau pasang gambar banyak - banyak, besok aja kita puas puasin ambil gambar di sana.


Makin ga sabar nunggu tanggal 7 Juni, huaaaah


Cheers :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar